Windsor Castle: Tempat Tinggal Keluarga Kerajaan Inggris

Windsor Castle

Bulan lalu kami bersama beberapa tenants dari Nansen Village jalan-jalan ke Windsor Castle. Windsor Castle adalah tempat tinggal keluarga kerajaan Inggris selain Buckingham Palace. Tempat ini sudah ada lebih dari 1000 tahun. Tempat ini biasanya juga digunakan Ratu Inggris dan keluarganya untuk menghabiskan weekend tanpa terganggu dengan hal-hal kenegaraan. Kalau dibandingkan dengan orang Jakarta, bisa dibilang ini seperti villanya orang Jakarta. Letaknya yang ada di pinggiran kota London membuat suasana daerah ini terasa sepi karena jauh dari kebisingan kota metropolitan.

Lama perjalanan yang ditempuh menuju Windsor Castle sekitar satu jam. Karena ini adalah acara dari Nansen Village makanya kami tinggal duduk manis saja di bis. Harga tiket yang harus kami bayar pun termasuk murah. Saya dan suami hanya membayar masing-masing £17. Sementara kalau harga aslinya, seperti yang tertera di tiket saya di bawah ini

tiket windsor

Beruntung sekali kami bisa ikutan trip ini bersama Nansen Village. Anggap saja bis yang kami tumpangi gratis. Kalau kamu pergi sendiri, kamu bisa naik tube lalu nyambung naik kereta turun di Windsor and Eaton Riverside. Saran saya sebaiknya kamu datang pagi supaya bisa liat Changing the Guard. Paling pas sudah nongkrong di High Street jam 10.50, disitu lah kamu akan melihat para penjaga istana lengkap dengan pakaian khasnya dan marching band berjalan masuk menuju Windsor Castle.

Changing the Guard

Setelah menonton parade Changing the Guard ini, kami langsung masuk ke castle-nya. Antriannya saat itu cukup panjang terutama untuk yang belum punya tiket. Sebaiknya sudah beli tiket dulu supaya tidak mengantri lama. Kalau mau booking tiketnya bisa disini.

The Queen and grand-grand-children
sambil antri masuk, ada foto yang menarik. Sang Ratu bersama dengan cicit-cicitnya.

Ketika kami masuk, ternyata memang luas banget dan besar banget. Saya tidak bisa membayangkan gimana ya kalau menjadi bagian dari keluarga kerajaan dan harus tinggal di istana sebesar ini. Dari sejak kami masuk pun kami langsung foto karena kami kagum dengan besarnya istana ini.

Simsonvicia

windsor castle
Bendera diatas ini menunjukkan apakah Sang Ratu sedang ada di istana atau tidak

Ketika masuk ke halaman istana, kami tidak langsung masuk tapi kami ke St. George’s Chapel dulu. Chapel ini merupakan makamnya raja dan ratu inggris. Makanya tidak boleh ambil foto di dalam chapel. Kami hanya foto dari luarnya saja.

St. George Chapel

the guard
Foto sebentar lah yah sama tentara Inggris

Lalu kami masuk ke istananya. Ketika masuk kami dikasih dua pilihan yaitu langsung masuk ke State Apartments dan masuk State Apartments + Queen Mary’s Doll House. Karena kami tidak mau rugi jadi lah kami masuk semuanya. Meskipun memang untuk masuk ke semua tempat jadi lebih panjang antrinya. Ketika kami masuk, benar-benar kami takjub. Bagus dan sangat mewah. Ya iya lah ya tempatnya keluarga kerajaan tinggal. Kami tidak diijinkan untuk mengambil foto. Selama di dalam juga tidak diijinkan untuk menyentuh barang-barang yang fragile. Saya juga nggak mau nanti kalau rusak gimana gantinya. Hahaha. Kalau diperhatikan semuanya serba detail dengan penuh ukiran yang rumit. Dari kursi, tempat tidur, meja, lampu, plafon, semuanya. Saya rasa kamu wajib kesini kalau kamu travelling ke Inggris. Dibawah ini salah satu contoh ruangannya. Menarik bukan?

sumber: https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/03/3c/b5/e0/windsor-castle.jpg

Enaknya sih, tiket ini berlaku selama setahun. Tapi hanya bisa dipakai sesuai dengan nama yang tertera yah. Soalnya nanti dicocokan dengan ID kamu. Lumayan kalau misalnya ada keluarga atau teman yang mau kesini kan saya nggak perlu beli tiket lagi.

tiket-windsor
Yeay masih berlaku sampai tahun depan!

Perjalanan kami diakhiri dengan makan siang (menjelang sore) di taman belakang Windsor Castle yang sangat luas.

makan siang

You may also enjoy:

6 Comments

    1. Iya… oh iya.. disini aku lagi suka nonton tv serial ‘The Crown’ di Netflix. Itu tentang cerita Ratu Inggris dari sebelum jadi Ratu. Seru juga jadi tau ceritanya. You should watch it 🙂

    2. Suka banget Windsor! Habis itu naik hop-on-hop-off nya udah berasa keluarga ningrat, lihat sekolahnya pangeran-pangeran kayak sekampung sendiri. Deket situ ada restoran Indonesia, namanya Warung Windsor. The owners are exceptionally nice, dan makanannya enaaaakk!! Satenya juara se-UK buat gw. Kl ada acara di embassy, sate mereka paling dicari juga.

Post a Comment