Transportasi di Moskow dan Saint Petersburg

Metro

Seperti layaknya kami di London, selama jalan-jalan kami ke Rusia, kami pun menggunakan transportasi umum dan jalan kaki. Mungkin kalau di Indonesia saya cenderung lebih memilih transportasi pribadi atau pesan melalui aplikasi transportasi online karena harga yang lebih murah juga. Sementara kalau di Rusia, lebih murah jika menggunakan transportasi umum. Lagipula saya juga menghindari risiko kesulitan berkomunikasi dengan supirnya karena kendala bahasa juga.

Kalau di Moskow, kami lebih sering menggunakan metro dan jalan kaki, sementara di Saint Petersburg hampir kebanyakan kami jalan kaki saja. Berikut ini saya ingin berbagi fakta tentang transportasi di kedua kota ini yah berdasarkan pengalaman kami.

Moskow

  1. Selama di Moskow cukup naik metro dan jalan kaki. Bisa juga naik tram, jika diperlukan.
  2. Petugas loket tidak bisa bahasa inggris, jadi sebaiknya sudah menyiapkan gambar jika ingin membeli tiket.
  3. Tiket yang berwarna merah harganya 50 Rub untuk satu kali jalan. Tiket ini bisa digunakan untuk naik metro, bis dan tram. Jadi jika perjalanan kamu menuju satu destinasi dilalui dengan moda transportasi yang berbeda maka kamu tidak perlu membeli tiket lagi. Dapat dibeli di loket atau mesin tiket.
  4. Troika adalah tiket pay as you go. Harga jaminan kartunya 50 Rub. Jika menggunakan metro, harganya 35 Rub untuk satu kali jalan menggunakan metro dan satu kartu bisa digunakan untuk lebih dari 1 orang. Kalau naik tram, harganya sekitar 15-20 Rub (saya agak lupa) untuk sekali jalan tapi hanya bisa digunakan untuk 1 orang saja. Kartu ini bisa di top-up sampai dengan 3000 Rub. Saran saya isi secukupnya karena isinya tidak dapat dikembalikan kecuali biaya jaminan kartu (belajar dari kesalahan kami). Kartu ini dapat dibeli di loket atau mesin tiket.
  5. Kami selalu menggunakan aplikasi Citymapper untuk mengetahui moda transportasi yang harus digunakan.
  6. Jika bingung mencari tanda EXIT tulisannya Выход в гopод dengan background warna hijau.
  7. Jika ingin sambung dengan metro di jalur yang berbeda. Cari saja petunjuk nomor jalurnya di atas atau di lantai.
  8. Buat yang phobia ketinggian, jika naik escalator jangan lihat ke arah sebaliknya yah! Saya sendiri agak takut ketika naik escalator karena memang cukup tinggi dan panjang.
  9. Trik kami adalah menghafal bentuk tulisan. Efeknya, kami jadi hafal dan bisa baca beberapa huruf cyrillic.
  10. Perjalanan dari satu stasiun ke stasiun lainnya cukup lama, jadi gak apa-apa juga kalau duduk meskipun cuma beda satu stasiun.

Banyak orang Rusia yang mengelus hidung anjingnya, konon katanya membawa keberuntungan

Stasiun metro disana rata-rata besar dan luas.

Saint Petersburg

  1. Lebih banyak jalan kaki dari pada naik metro.
  2. Tentang metro kurang lebih sama yah dengan di Moskow.
  3. Tiket metronya berupa koin yang digunakan untuk satu kali jalan. Harganya 40 Rub. Sedikit lebih mahal dari Moskow.
  4. Tiket bis berupa kertas yang dibeli langsung dengan keneknya. Nanti keneknya akan samperin satu per satu penumpang untuk menagih uang tiket seharga 40 Rub. Sama kayak naik metro mini yah! Hehehe.
  5. Selain bis, ada pilihan naik angkot. Sayangnya tidak ada pilihan tersebut di aplikasi Citymapper.
  6. Sama seperti di Indonesia, tujuan angkot tersebut ada di depan kaca mobil, di samping, di belakang juga ada. Rame deh pokoknya.
  7. Angkotnya suka ngetem dan nungguin penumpang. Jika tidak ingin naik, cuekin saja.
  8. Harga naik angkot untuk sekali jalan adalah 40 Rub. Bayar langsung ke supirnya.

 

Sekian sharing nya tentang transportasi yang kami gunakan selama di Rusia. Jika ada pertanyaan silahkan yah.

XOXO. RVC

 

You may also enjoy:

9 Comments

  1. PR ya kalo petunjuk gak ada bahasa inggrisnya, seru sih jadi belajar bahasa baru, tapi sedih juga kalo buru2..hehe..

    1. Hi mbak Rina! Makasih sudah mampir.
      Iya mbak efeknya jadi sedikit bisa baca hurufnya. Kadang kami baca bentuk huruf di depannya aja kalo cari tujuan stasiun. Tapi ada beberapa stasiun yang ada tulisan latinnya.

  2. Mbak itu eskalatornya ya, astaga curam yaaa :(( walau belum bisa ke sana, sudah dapat ‘jalan-jalan’ gratis di sini hehehe
    Aku juga baru tau, kalo cyrillic itu ada beberapa tipe, temenku bilang cyrillic Rusia agak beda dengan punya negaranya, Serbia. Jadi pelajaran juga klo mo ke satu negara minimal bisa tau dikit ya mbak bahasa mereka

    1. Semoga suatu saat bisa jalan-jalan ke Rusia juga yaah.. Amiinn..
      Iya mbak, setidaknya bisa baca huruf-hurufnya lumayan membantu buat jalan-jalan 🙂

    1. Iya bec gue aja sempet nyasar kok di moskow gara2 cuma baca huruf2 akhirnya aja ternyata beda huruf depannya

  3. Hallo mbak Rietsi, boleh tau di moscow dan st.petersberg hostelnya dimana? Sama di halaman yg st. Petersberg dibilang kalau cuma habis 3 koin itu untuk perjalanan kemana saja mbak? Thx yaa

Post a Comment