Tempat Tinggal Kami di London – Nansen Village

nansen village

Kali ini saya ingin berbagi dimana kami tinggal selama di London. Nama tempat tinggal kami di London dinamakan Nansen Village. Kalau misalnya dibandingkan dengan di Indonesia biasanya kan komplek perumahan punya nama tuh. Nah ini sama aja seperti ini. Tapi yang membedakan dari tempat yang lainnya adalah Nansen Village ini dikhususkan untuk international postgraduate student saja dan dikhususkan lagi untuk yang sudah memiliki pasangan atau berkeluarga.

Sedikit sejarah tentang tempat ini, awalnya dibangun karena para pendirinya merasa bahwa pada saat itu masih sedikit tempat tinggal di London untuk mahasiswa internasional dengan harga terjangkau. Sehingga mereka membangun tempat ini deh. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1967 dan masih ada sampai sekarang. Kami akui juga kalo ini tempat tinggal yang terjangkau dan layak di London. Bahkan untuk bisa tinggal di tempat ini kamu harus antri hingga berbulan-bulan. Pengalaman kami, kami sudah daftar dari Januari 2016 dan sudah cari informasi tentang Nansen Village dari tahun lalu. Hehehe.

nansen village

Menurut saya tempat ini sangat cocok untuk keluarga karena ada tempat bermain untuk anak-anak dan juga kegiatan untuk para balita. Disini ada aula lho yang bisa dipakai untuk para tenants untuk melakukan berbagai kegiatan misalnya senam, social gathering, NRE (Nansen Research Exchange) session (biasanya yang hadir para mahasiswanya), sampai acara ulang tahun atau pun perpisahaan tenants bisa dilakukan disini.

Kegiatan yang dibuat oleh para pengurus Nansen Village banyak banget. Meskipun saya baru tinggal selama 2 bulan tapi saya sudah merasakan berbagai kegiatan. Selama 2 bulan ini sudah berbagai macam social events yang mereka adakan seperti:

  • Acara memperkenalkan budaya dan masakan dari masing-masing negara, biasanya disatuin nih kalo benuanya sama seperti yang saya ikutin kemaren adalah dari Amerika jadi semua tenants yang berasal dari benua Amerika yang presentasi.
  • Acara jalan-jalan bersama, seperti kemaren saya ikut acara jalan-jalan ke Windsor Castle yang harga tiketnya jadi lebih murah karena disubsidi sama Nansen Village.
  • Halloween party, Diwali Celebration, katanya ada juga kalau Christmas atau setiap ganti season (aku kan baru 2 bulan jadi baru tau kata tenants disini yang juga orang Indonesia)
  • Katanya juga ada BBQ bersama kalau summer.

Oh iya, saya belum cerita kalau disini setiap negara maksimal 6 keluarga, makanya kalau memang dari Indonesia sudah ada 6 keluarga maka nggak akan ada lagi tambahan keluarga lain. Tinggal di Nansen Village juga ada maksimal waktunya yaitu hanya diijinkan selama 4 tahun. Kenapa 4 tahun? karena biasanya kalo studi doktoral kan cuma sampai 4 tahun normalnya. Kalau untuk mahasiswa master yang hanya 1 tahun masih dibolehin nambah tapi tetap yah statusnya masih mahasiswa. Kalau bukan mahasiswa nggak bisa lagi tinggal disini. Tapi mereka sangat baik kok, kalau ada sesuatu hal yang membuat kita belum bisa pindah mereka masih kasih waktu kok.

FYI, tahun depan saya dan suami bakal minggat alias pulang kampung. Buat kalian calon mahasiswa Inggris yang akan tinggal di London dan ingin membawa keluarga, silahkan mulai booking dari sekarang dan ikut antrian. Cek websitenya:

https://nansenvillage.org/

NB: Kalo ada info yang salah atau kurang jelas, silahkan tinggalkan comment di bawah yah. Informasi yang saya tulis berdasarkan pengetahuan dasar yang saya tahu selama saya tinggal disini. Jika ada salah atau kurang informasi mohon maaf. Lebih lengkapnya bisa langsung ke websitenya. Thanks for reading!

Nansen village
Flat yang paling bawah adalah tempat dimana kami tinggal
Woodside Avenue
Ini adalah jalanan di depan ketika keluar dari Nansen Village. Lokasinya sangat dekat dengan stasiun Tube.

You may also enjoy:

1 Comment

Post a Comment