Silvany Yohana Sinaga: Perempuan yang Mencintai Anak-Anak Sepenuh Hati

Silvany Yohana Sinaga

Ada yang bilang bahwa anak-anak adalah para penjelajah dunia. Mereka masih kecil namun memiliki keingintahuan yang besar. Sebagai orang dewasa yang telah lebih memiliki banyak pengalaman tentunya berperan aktif menjadi jembatan bagi anak-anak untuk mengeksplorasi dunia ini.

Seperti perempuan yang berusia 26 tahun ini. Dia adalah jembatan bagi anak-anak untuk menjelajahi dunia. Bahkan lebih dari itu, dia ingin menggapai mimpi mereka bersama-sama karena baginya anak-anak sangat berharga. Sosok perempuan yang satu ini sangat mencintai anak-anak dengan sepenuh hati. Perempuan ini bernama Silvany Yohana Sinaga yang akrab dipanggil Vany.

Ketika saya meminta mendeskripsikan sosok Vany, dia menjawab “loving, sharing, caring, giving“.

Baginya LOVE adalah hal yang paling utama. Dia menjelaskan, jika sudah ada CINTA maka dia bisa berbagi, peduli, dan memberi. Just 4 simple words but significant so true.

Mari menjelajah lebih dalam kisah cinta Vany terhadap anak-anak.

Silvany Yohana Sinaga

Boleh diceritakan apa saja kegiatan Vany belakangan ini?

Kesibukan saya yang pastinya bekerja sebagai Bankir di salah satu bank swasta nasional di Jakarta. Selain bekerja, setiap minggu saya adalah seorang Guru Sekolah Minggu yang mengajar aktif di kelas TK B dan kelas 7,menjadi conductor di paduan suara anak juga. Dan bekerja apapun yang bisa dikerjain di gereja deh hehe..

Selebihnya, saya menerima job sampingan sebagai MC ataupun model karena memang saya punya passion di public speaking. Biasanya jadi MC di acara ulang tahun,  pernikahan, atau acara-acara lainnya. Kalau model sih yang rutin itu model annual report kantor sendiri dan model gadungan jika teman lagi bikin project. I love them!

Nggak kalah lagi, kegiatan ini memang nggak wajib karena harus melihat jadwal yang ada, yaitu ikutan Kelas Inspirasi, sebuah organisasi yang intinya mengajak kita semua untuk bisa memberikan inspirasi ke anak-anak di sekolah marginal tentang profesi agar mereka bisa bermimpi dan memotivasi mereka untuk meraih mimpi itu. Kelas Inspirasi yang sudah pernah saya ikuti itu KI JKT 5,KI CIREBON 2,KI TEGAL 3, dan KI LOMBOK 4 (dan akan terus berlanjut…. Hehe).

Saya tertarik pada kegiatan Vany dengan anak-anak, apa yang membuat Vany jatuh cinta terhadap anak-anak?

Wah, ini adalah pertanyaan yang paling sering saya dapatkan dari banyak orang loh! Awalnya karena saya meneladani sosok Mama saya yang juga sangat mencintai dan berkontribusi langsung di dunia anak. Saya merasa ini adalah salah satu karunia terindah yang dititipkan Tuhan ke saya melalui mama saya. I am so blessed.

Anak-anak buat saya itu adalah manusia kecil yang mengajari kita banyak hal. Kenapa? Nggak kebalik? Nggak! Dari anak-anak, saya pribadi belajar tentang apa itu tulus, sayang, dan keindahan. Anak-anak itu apa adanya. Sehingga, anak-anak menjadi sangat berharga buat saya. Anak-anak butuh banyak hal yang menolong mereka untuk bisa menatap hari depan dengan segala hal yang baik. Berkomunikasi dengan anak-anak itu tantangan sekaligus kebahagiaan buat saya. Jadi, kenapa saya sangat jatuh cinta sama anak-anak? Karena mereka berharga. Sangat berharga. Diberi kepercayaan untuk bisa menjadi bagian hidup dan dunia mereka? Luar biasa buat saya.. Tagline yang saya buat “Aku cinta kalian, anak-anak…” itu datang dari  hati. Dan akan terus begitu…

Lalu, mengapa Vany memilih untuk begitu focus dan passionate terhadap pendidikan anak?

Modal yang sangat penting buat hidup yang saya sangat rasakan adalah pendidikan. Tapi, pendidikan dalam arti luas yaitu ga melulu akademis tapi juga pendidikan moral dan karakter yang juga sangat penting. Saya pribadi sangat mengalami fase-fase dimana pendidikan formal ataupun informal itu matters banget! Nah, anak-anak kecil itu pun sangat membutuhkan untuk perkembangan mereka.

Saya sering bertanya sama diri saya, “Apa sih Tuhan yang bisa saya lakukan buat anak-anak?” dan Ia memberikan jawaban kepada saya dengan banyak pengalaman. Pertama, di gereja, saya mendidik mereka dari kecil sampai besar dengan apa yang saya  bisa berikan. Bernyanyi, berpendapat, mengambil keputusan, diskusi, bagaimana memberi kepada orang lain dan banyak hal. Sedangkan, jika bertemu dengan anak-anak kecil di Kelas Inspirasi pun tidak kalah sulit. Karena banyak hal yang sangat terbelakang dan bagaimana berusaha semaksimal mungkin membahasakan ‘meraih mimpi’ itu kepada mereka. See? Tenaga, pikiran, kesabaran,materi, semua dipertaruhkan. Tapi itu semua nikmat banget buat batin saya. Saya tahu saya bukan akademisi atau guru atau pendidik. Tapi jiwa saya adalah jiwa pendidik, for sure!

Apa yang  Vany rasakan ketika dapat  memberikan kontribusi untuk pendidikan anak?

Rasanya? Speechless. No words can describe it. Kalau ditanya begini, saya biasanya hanya senyam senyum saja hehe. Rasanya indah banget, tapi belum puas karena pasti selalu menemukan hal baru yang menjadi input buat improve kedepannya. Merasa menjadi manusia yang memanusiakan manusia lain dalam proses berkelanjutan ini. Intinya, the more you give, the more you get. Proven!

Silvany Yohana Sinaga

Apa harapan Vany terhadap anak-anak yang telah Vany didik?

Sebenarnya lebih dari harapan. Tapi doa saya buat anak-anak yang pernah atau masih merasakan ‘sentuhan’ saya adalah mereka memiliki hati yang baik dan terus berusaha jadi yang terbaik. Dua hal itu adalah dasar dari segalanya.

Pertama, kalau hati yang dimiliki baik, niscaya semua hal akan mengikuti sampai mereka dewasa.

Kedua, berusaha itu kata kerja aktif yang artinya tidak diam, tidak menyerah, tidak mengeluh, dan tidak selalu bergantung sama orang lain, mengajak mereka untuk mengerti indahnya bersusah ria atau menghadapi yang tidak enak tapi diusahakan untuk hasil yang terbaik. Itu jadi berpadu dengan hati sebelumnya.

Semoga mereka kelak juga menjadi manusia-manusia yang berguna untuk segala hal. AMIN!

Apa pesan Vany untuk para wanita muda generasi saat ini?

Hai para wanita muda, sebagai seseorang yang juga sedang ada di dunia yang sama, pesan-pesan saya (bukan mengajari atau merasa paling benar ya) adalah:

  • Jadilah wanita muda yang punya visi untuk berbuat lebih dan lebih berbuat bagi orang lain sesuai passion-mu
  • Terus mengasah diri dengan apa yang bisa
  • Cantik hati dan jiwanya. Nothing can beat it
  • Perkaya diri dengan banyak pengalaman berharga

Silvany Yohana Sinaga

Pesan Vany, Selamat menikmati indahnya hidup sebagai wanita muda yang multitasking dan multitalenta!

Quote terfavorit Vany:

“Bukan seberapa hebat kita,namun seberapa berguna kita”

-WS Rendra

Ingin berkenalan dengan Vany? Follow Instagramnya yah @silvanyyohana

You may also enjoy:

Post a Comment