Riana Lumingkewas Hadiwardoyo : Perempuan Aktif di Usia Cantik

Riana herlina

Ada anggapan bahwa tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat usia seorang perempuan semakin bertambah selain mengurus rumah dan keluarga. Namun di jaman sekarang ini hal tersebut sudah jauh berubah. Kalau dulu Ibu Kartini hanya ada satu, sekarang hampir setiap ibu adalah Kartini masa kini. Contohnya adalah seorang perempuan aktif yang akan dibahas pada tulisan ini. Meskipun sudah menapaki usia yang tidak muda lagi, namun beliau berada di usia cantik. Hal ini ditunjukkan dengan kehidupan yang selalu aktif, bahagia dan rajin merawat kulit wajah tanpa mengandalkan perawatan salon. Dengan demikian di usianya yang sekarang, beliau masih memancarkan cantik luar dan dalam.

Dalam usia cantiknya, banyak aktivitas dan kegemarannya yang bisa dijadikan inspirasi untuk generasi muda. Beliau adalah Ibu Riana Herlina Lumingkewas – Hadiwardoyo. Seorang ibu dari empat orang anak yang pada tahun ini telah menyelesaikan pendidikan S3-nya di Perancis dan Indonesia, dan sekarang turut aktif dalam berbagai kegiatan perempuan. Selain itu, beliau juga berprofesi sebagai dosen teknik sipil di ITI (Institute Teknologi Indonesia). Profesi yang sudah digelutinya sejak umur 20-an dengan dimulai sebagai asisten dosen di institusi yang sama. Yuk, kenalan dengan beliau.

riana herlina

Ibu, boleh diceritakan kenapa Ibu saat ini berprofesi sebagai dosen? Apakah memang sudah menjadi cita-cita Ibu dari dulu?

Ketika menjadi mahasiswi teknik sipil di Universitas Indonesia (UI), saya diminta menjadi asisten matakuliah dan laboratorium untuk mekanika teknik, ilmu ukur tanah, mekanika tanah, dan konstruksi beton. Dilibatkan juga dalam penelitian dan pengabdian masyarakat pada proyek pedesaan UI selain itu terlibat dalam konstruksi bangunan sebagai tenaga ahli teknik sipil di wilayah Jakarta.

Lalu, disela-sela pembuatan skripsi, saya diminta untuk menjadi asisten dosen teknik sipil di Institut Teknologi Indonesia (ITI) yang baru didirikan oleh Prof. BJ Habibi, bahkan ketika telah lulus S1 diminta jadi Dosen Tetap. Nah, mulai dari situ profesi dosen dijalani sampai sekarang. Namun saya tidak berhenti sampai disitu, saya juga meniti karir di bidang akademik. Awalnya diangkat menjadi Kelapa Laboratorium Mekanika Tanah, lalu Sekretaris Jurusan Teknik Sipil, lalu Kepala Laboratorium Bahan Bangunan, kemudian melanjutkan kuliah S2, setelah itu diangkat menjadi Wakil Dekan Akademik FTSP-ITI, sampai akhirnya jabatan terakhir saya sebagai Direktur Program Ekstensi dan Vokasi ITI. Kemudian mendapatkan beasiswa pemerintah Indonesia untuk melanjutkan S3 di UI dan beasiswa pemerintah Perancis untuk melanjutkan S3 di UBS Perancis.

Apakah ini cita cita  saya? Wah sebenarnya saat memilih kuliah di teknik sipil yang terbayangkan ingin terlibat di lapangan dalam membangun gedung dan jembatan karena saat itu Indonesia minim tenaga insinyur. Berjalan dengan waktu akhirnya masih dalam bidang teknik sipil namun berkontribusi sebagai pengajar, pembentuk generasi teknik sipil.

riana herlina
Bersama teman-teman di Laboratorium semasa studi doktoral di Perancis

Saat ini kegiatan Ibu bertambah, tidak hanya mengajar tapi juga terlibat dalam kegiatan perempuan, apa yang mendorong Ibu sehingga akhirnya ikut terlibat dalam kegiatan tersebut?

Perempuan merupakan mahluk yg mulia, menarik dan tangguh. Perempuan itu harus pintar dan cerdas dalam mengatur dirinya dan keluarganya, bertindak sebagai pengatur keuangan, penjaga kesehatan, pelaku pekerjaan umum, pelaku sosial, pendidik anak dalam keluarga, yang tentunya peran pria diperlukan sebagai partner. Untuk itu sebagai sesama perempuan perlu saling berbagi dalam meningkatkan pengetahuannya guna memperoleh generasi penerus yang berhasil dan sukses dalam membangun negaranya.

Perempuan merupakan mahluk yg mulia, menarik dan tangguh

riana herlina
Belajar membantik bersama ibu-ibu IWK
riana herlina
Bersama Komunitas Cinta Berkain (KCB)

Apa saja manfaat yang telah Ibu dapatkan setelah ikut terlibat dalam kegiatan perempuan?

Banyak. Suatu hal yang paling membahagiakan adalah kami bisa saling berbagi dengan kasih melalui ilmu pengetahuan di bidang sosial maupun teknologi tanpa melihat tingkat pendidikannya. Yang paling sederhana adalah selalu berbagi melalui senyuman yang merupakan tanda kasih yang tulus.

selalu berbagi melalui senyuman

riana herlina

Apa yang mendukung Ibu agar tetap aktif sebagai dosen maupun kegiatan perempuan?

Keluarga inti, tanpa kesediaan dan dukungan mereka tentunya apapun pekerjaan yang dilakukan perempuan akan terganggu dan tidak bisa fokus. Selain itu berdoa dan percaya bahwa ini telah direncanakan Tuhan.

 

Apakah Ibu pernah ingin kembali ke masa muda Ibu?

Mmm… rasanya tidak ya.. dan saya bersyukur setiap apa yang telah diberikan Tuhan. Hidup tentu terus berlanjut dan selalu gunakan kesempatan yang ada. Agar jiwa tetap muda tentunya dengan terus menjaga kesehatan dan penampilan. Caranya adalah minum air putih yang cukup agar tetap sehat dan kulit tetap terjaga kelembapannya serta didukung dengan perawatan kulit dari luar. Perawatan kulit saya percayakan pada L’Oréal. Saya telah setia menggunakannya sejak saya masih berumur 30 tahun dan sejak umur 40 tahun saya mulai menggunakan varian L’Oréal Paris Revitalift Demalift dan semakin setia sampai sekarang karena hasilnya semakin memuaskan.

Bersyukur setiap apa yang telah diberikan Tuhan

riana herlina

Menurut Ibu, apa arti dari usia cantik? Apakah Ibu merasa berada di usia cantik?

Usia cantik datang saat sadar akan potensi diri, meluangkan waktu bagi dirinya dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Walaupun telah berada dalam usia cantik rutinitas keseharian selaku ibu dan ìstri tetap dijalankan tanpa takut akan penuaan karena bahagia dalam diri, tebarkan senyuman dan didukung perawatan kulit wajah dengan L’Oréal Paris Revitalift Demarlift yang setia menemani di pagi dan malam hari.

L'Oreal
Produk dari L’Oreal yang digunakan setiap harinya

Usia cantik datang saat sadar akan potensi diri, meluangkan waktu bagi dirinya dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya

Apa pesan Ibu untuk generasi muda saat ini, khususnya kaum perempuan?

Terus berkarya dan berinovasi, mengikuti perkembangan teknologi dan menerima perbedaan dan perubahan. Khusus bagi kaum perempuan, tetap menjalankan tugasnya sebagai perempuan dengan penuh kasih, semakin bermakna untuk lingkungan dan tetap menjaga penampilan diri dengan menghargai diri sendiri. Sesuai dengan slogan dari L’Oréal “karena Anda begitu berharga“.

NB: ini adalah wawancara eksklusif dengan ibu saya sendiri. Saya sendiri sudah menjadi salah satu saksi dari perawatan kulit yang beliau jalankan bertahun-tahun. Beliau adalah sosok perempuan yang selalu menjadi panutan saya.

Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L’Oreal Revitalift Dermalift

You may also enjoy:

Post a Comment