Mie Ayam Ceria 

Sebenarnya sudah dari minggu lalu ingin cerita tentang ini tapi karena beberapa hari ini ada kendala teknis jadi harus ditunda dulu deh. Tapi hari ini akhirnya saya bisa cerita juga tentang masakan ini.

Jadi sebenarnya awal mula mie ayam ceria ini karena saya melihat insta story dari salah satu teman saya di London. Namanya Ceria (@__ceriams). Karena melihat mie yang dia bikin sangat menggiurkan. Bahkan saya sampai tunjukin ke Simson dan kami berdua menganggap mie buatan Ceria itu seperti mie yang dijual di kaki lima alias mie abang-abang. Karena saya kangen sama mie ayam abang-abang, saya langsung tanya sama Ceria resepnya. Ternyata resepnya panjang bok! Hahaha.

Akhirnya Ceria nawarin buat masak bareng aja deh. Saya langsung setuju soalnya belum pernah juga masak bareng temen-temen disini. Setelah ajak beberapa teman di London akhirnya yang ikutan untuk masak-masak bareng selain saya dan Ceria adalah Dineta (@dinetaoki) dan Tania (@tania_sugijono). Kami sepakat untuk masak di flatnya Tania. Karena Tania juga menawarkan dapurnya untuk dipakai buat para ibu-ibu rempong ini bereksperimen. Hahaha!

Kalo para wanita udah pada kumpul dan masak-masak, rasanya seru deh. Motong bawang sambil ngrumpi. Hahaha. Ibu-ibu Indonesia banget yah. Yang bikin serunya kami semua sama-sama baru dalam dunia masak memasak ini. Jadi sama-sama belajar. Tapi kalo Ceria mah sepertinya udah bakat jago masak. Hihihi. Makanan yang dia buat pasti enak-enak. Tinggal di London ini bikin kami jadi mandiri. Saya percaya nggak hanya kami kok pasti semua teman-teman yang merantau khususnya ke luar negeri, otomatis jadi lebih mandiri khususnya untuk dunia masak-masak yah.

Tinggal di London ini bikin saya jadi mandiri. Dulu saya lebih sering beli makanan jadi ketimbang masak. Soalnya makanan di Jakarta kan murah yah. Semuanya juga udah serba gampang. Tinggal pesen gojek aja makanan sudah bisa diantar sampai depan pintu. Atau nunggu abang-abang yang lewat rumah. Pokoknya pilihannya banyak dan murah. Kalo di London, saya mah mikir dua kali kalo mau makan di restoran. Rasanya sekali makan bisa buat masak seminggu. Saya percaya nggak hanya saya kok pasti semua teman-teman yang merantau khususnya ke luar negeri, otomatis jadi lebih mandiri khususnya untuk dunia masak-masak yah. Adik saya saja yang sudah lama tinggal di luar negeri jadi jago masak. Bisa masak batagor sendiri. Cowok lho! Hahaha…

***

Kembali ke Mie Ayam Ceria.

Kami menamakan mie ayam ceria ini soalnya resepnya dari Ceria dan ketika kita bikin mie ayamnya juga dengan hati yang ceria. Hihihi.

Buat kamu yang tinggal di luar negeri dan sedang kangen mie ayam abang-abang, boleh dicoba lho resepnya dibawah ini. Buat kamu juga yang tinggal di Indonesia dan pengen coba bikin sendiri, silahkan.. siapa tahu nanti bisa buka restoran mie ayam. Hehehe.

Terima kasih kepada Ceria yang sudah mau berbagi resepnya. 

Resep Mie Ayam Ceria

Bahan minyak ayam (kalo kata Ceria minyak baceman. hahaha!):
-minyak goreng kira-kira 100ml
-daun bawang 2 buah (iris halus)
-bawang putih 3 siung (cincang)
-kulit ayam (ambil secukupnya dari bahan ayam)

Cara mengolah minyak ayam:
1. Panaskan minyak goreng, masukkan daun bawang iris dan tumis selama 30 detik, lalu masukkan bawang putih dan tumis selama 30 detik, terakhir masukkan kulit ayam dan tumis sampai berubah warna.
2. Ketika bawang putih sudah kecoklatan, angkat dan sisihkan. Sisakan minyak di pan sedikit untuk kembali dipakai menumis bahan selanjutnya.
3. Minyak ayam sisa bisa dipake untuk bikin mie goreng atau menumis masakan lainnya jadi lebih enak

Bahan tumisan ayam:
-Ayam bagian paha atas yang bertulang 500gr (pisahkan dari tulang, dan potong dadu. Pisahkan sedikit kulit untuk tumisan minyak)
-Bumbu halus, yaitu:

– 8 siung bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 1 ruas kunyit
– Kemiri 3 butir (atau pakai hazelnut jadi 6 butir)
– Merica bubuk 1/2 sdt
– Ketumbar bubuk 1/2 sdt

-2 ruas jahe geprek
-2 buah bay leaves (optional)
-2 batang daun bawang iris tipis
-7 sdm kecap manis (tergantung selera)
-1 sdm light soy sauce
-1 sdt dark soy sauce
-gula 1/2 sdt
-garam merica sesuai selera
-air kira-kira 300ml
-minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara mengolah tumisan ayam:
– Dengan pan panas yang dipakai utk membuat minyak ayam, tumis bumbu halus dan jahe geprek sampai aroma wangi, lalu masukkan ayam dan aduk-aduk sampai ayam berubah warna
– Masukkan semua bahan sisanya, koreksi rasa, aduk-aduk sampai air menyusut dan minyaknya keluar. Setelah matang, sisihkan.

Bahan kuah kaldu:
-tulang ayam dari bahan ayam di atas
-kaldu blok (optional)
-daun bawang 1 iris tipis
-bawang putih geprek 2 buah
-1 liter air
-merica dan garam secukupnya
-bakso (boleh sambil merebus bakso juga biar tambah gurih)

Cara mengolah kuah kaldu:
-rebus air sampai mendidih lalu masukkan semua bahan dan koreksi rasa.

Pelengkap:
-egg noodle kering (kalo di UK bisa pakai merk sharwood, direbus 3 menit)
-sawi/pok choi (potong-potong dan rebus 3 menit bersama mie)
-bawang goreng
-daun bawang

Cara penyajian:
-siapkan mangkuk mi ayam
-tuang 1 sdm minyak ayam , 1/2 sdt soy sauce, dan 1 sdm kuah tumisan ayam ke dalam mangkok
-masukkan mie yg sudah direbus lalu dicampurkan dengan bumbu sebelumnya
-beri toppingg tumisan ayam, sawi rebus, kuah, bawang goreng dan daun bawang iris sesuai selera
-mie ayam siap disantap

Happy Cooking!

Open PO mie ayam ceria :p

XOXO. RVC

 

You may also enjoy:

4 Comments

Post a Comment