Free Online Course : Belajar Tanpa Batas

Free Online Course

Pertanyaan yang paling sering saya dengar ketika tinggal di London adalah ‘Kamu biasanya ngapain aja?’. Pertanyaan ini beberapa kali sering ditanyakan oleh teman-teman yang baru saya kenal. Biasanya saya jawab dengan ‘baca novel, nonton film, browsing-browsing, atau jalan-jalan ke central London’. Kalau saya jawab browsing-browsing salah satunya adalah belajar online

Selama sudah hampir empat bulan tinggal disini, saya tidak pernah merasa bosan bahkan bagi saya waktu terasa cepat berlalu. Jika saya flashback ke saat pertama kali saya tinggal di London, sepertinya banyak yang telah saya lakukan dalam menikmati waktu-waktu saya disini.

Di bulan Oktober saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengenal dunia blogging. Saya belajar bagaimana membangun website, mengelola akun Instagram, dan sedikit belajar tentang editing foto.

Karena semakin mengenal dunia blogging maka saya pun tertarik untuk belajar digital marketingIt happened in November.

Lalu bulan Desember datang, I feel this was the month full of joy. Banyak hal yang saya lakukan di bulan Desember dan kebanyakan di luar rumah. Persiapan natal yang diadakan oleh Persekutuan Kristen Indonesia di UK, jalan-jalan mengelilingi christmas lights and christmas markets, dan liburan bersama adik saya.

Masa liburan sudah lewat dan sekarang kembali mengingatkan saya untuk belajar.

Seperti judul diatas, belajar tanpa batas. Ya! belajar itu nggak ada batasnya. Nggak harus hadir di kelas karena beruntung kita sudah tinggal di jaman digital dimana semua dapat diakses melalui internet.

Sekarang saya mau sharing dimana saja kita bisa belajar secara online tanpa harus mengeluarkan biaya.

YouTube

Kalau ini semuanya juga udah tahu yah. Sepertinya hampir semua orang kalau ingin cari tutorial pasti langsung buka website ini. Kalau saya paling sering cari resep masakan, tutorial buat kerajinan tangan, teknis fotografi, bahkan tentang wordpress dan blogging juga.

Duolingo

duolingo

Buat kalian yang ingin belajar bahasa, ini adalah website yang tepat buat kalian. Pertama kali tahu website ini dari adik saya. Berawal dari hal sepele sebenarnya. Dulu saya lancar sekali bahasa Prancis karena saya sempat tinggal di Paris selama 2,5 tahun ketika saya masih SMP. Saya masih berhubungan baik dengan salah satu teman saya disana. Kami tidak terlalu sering berkomunikasi tapi terakhir dia tahu kalau saya tinggal di London maka dia berpesan jika ke Paris lagi dia berharap agar kami bisa bertemu. Dari situ lah saya merasa agak nervous juga kalau nanti ketemu dia. Saya cukup bisa mengerti tapi saya nggak bisa bicara. Akhir saya mengasah lagi deh pengetahuan bahasa Prancis saya lewat website ini. Selain itu saya juga berlajar bahasa baru yaitu bahasa Jerman. Ada banyak bahasa yang bisa dipelajari disini. Menurut saya cukup fun dan tidak bosan.

Digital Garage

Digital Garage

Saya tahu website ini karena saya lihat iklannya sering muncuk di Facebook. Mungkin karena saya sering cari tahu tentang online course makanya muncul di iklan Facebook kali yah. Tapi menurut saya menarik sih soalnya katanya ada sertifikatnya juga. Selain itu memang sesuai sama yang saya ingin pelajari yaitu tentang dunia online dan digital marketing.

Linkedin

Linkedin

Seperti yang saya sebut diatas kalau saya pernah coba satu bulan gratis untuk akses LinkedIn learning. Banyak topik yang dibahas dan menurut saya bagus-bagus. Sayangnya aja setelah satu bulan harus bayar. Berhubung saya anaknya doyan gratisan jadi yah nggak dilanjutin lagi. hehehe.

Edx

edx

Kalau website ini saya tahunya dari suami saya. Keunggulannya adalah bayak course dan program yang dikeluaran oleh universitas ternama di dunia. Beberapa course disini juga mengeluarkan sertifikat namun sayangnya sertifikatnya berbayar. Harga untuk setiap sertifikatnya berbeda-beda tergantung dari jenis course-nya.

Future Learn

future learn

Kalau website ini sebenarnya hampir sama dengan edx hanya saja universitas-universitas yang menyediakan course di website ini tidak begitu ternama. Namun menurut saya topik-topik yang dimiliki cukup bagus. Disini kita juga bisa berinteraksi dengan pelajar yang lain. Disini bisa saling bertukar pendapat tentang topik yang sedang dipelajari.

Jadi, terbukti kan kalau sekarang belajar itu tidak ada batasnya.

Kalau kalian tertarik sama online course nggak?

You may also enjoy:

Post a Comment