Apply Visa Schengen di London

schengen

Kalo kamu sudah follow Instagram saya, tentu kamu tahu bahwa beberapa hari yang lalu saya sempat jalan-jalan ke Paris dan Brussels. Kali ini saya ingin cerita pengalaman saya dan suami ketika apply visa schengen di London.

Berikut ini saya ceritakan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk apply visa schengen.

Langkah 1. Menentukan negara tempat apply visa schengen

Awalnya kami sempat tanya-tanya dulu ke beberapa teman yang sudah punya pengalaman apply visa schengen di London. Ada yang apply melalui kedutaan Belanda, Jerman, Perancis, Spanyol. Nah dari berbagai pengalaman mereka dan juga hasil browsing internet juga. Akhirnya kami memutuskan untuk apply visa schengen melalui kedutaan Perancis. Kenapa? Karena setelah dibanding-bandingkan dengan yang lain menurut cerita dan hasil browsing internet, ternyata Perancis yang paling generous memberikan masa berlaku visanya. Kami memang berharap untuk diberi masa berlaku visanya hingga setidaknya 6 bulan. Soalnya kami berencana untuk nyicil jalan-jalan ke Eropanya.

Langkah 2. Mencari informasi tentang dokumen yang diperlukan

Karena saya memilih Perancis, makanya saya buka website tls contact. Di Indonesia juga setahu saya melalui tls contact, untuk info lebih lanjut tentang tls contact di Indonesia klik disini. Dari website ini sudah cukup jelas dokumen apa saja yang diperlukan.

Langkah 3. Menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Untuk apply visa ada macem-macem tergantung tujuan apply visanya untuk apa. Waktu itu kami apply untuk visa turis yang lama tinggalnya kurang dari 90 hari. Disini lebih diperinci lagi dokumen apa saja yang dibutuhkan. Mengenai dokumen yang perlu disiapkan, saya punya beberapa tips nih buat kamu:

  • Di dalam itenerary yang kamu ajukan, harus menunjukan bukti bahwa kamu paling lama tinggal di Perancis dibandingkan di negara lain yang akan kamu kunjungi. Ini juga dibuktikan dari booking-an hotel kamu.
  • Di dalam itenerary nya juga kasih tahu bahwa kamu ada rencana lagi untuk ke Perancis selain tanggal yang kamu ajukan. Misalnya, seperti saya pergi di bulan Maret tapi saya juga tulis bahwa kami ada rencana ke Perancis lagi bulan Juli.
  • Untuk travel insurance, harus hati-hati yah kalo apply di Inggris karena kita kan WNI. Sebaiknya langsung telfon saja sebelum beli asuransinya untuk memastikan kalo asuransinya memang buat kita WNI yang tinggal di Inggris. Waktu itu ada beberapa asuransi yang menolak kami karena masa tinggal kami yang belum sampai 6 bulan. Tapi akhirnya kami ketemu satu asuransi yang bisa mengcover kita. Cakupannya pun worldwide dan untuk satu tahun. Lumayan jadinya karena memang rencana kami ingin traveling di tahun ini.

Langkah 4. Submit to apply

Kalo semua dokumen sudah disiapkan, kamu sudah bisa mulai apply. Kalo dari ketentuannya harus apply visa 15 hari sebelum waktu berangkat. Waktu itu kami apply 1 bulan sebelum berangkat, karena kami juga jaga-jaga takut lama keluar visanya. Ternyata diluar dugaan. Hari jumat apply visa, hari selasa visanya sudah bisa diambil. Jadi cuma 1 hari kerja saja.

Langkah 5. Memilih jam untuk apply visa

Semakin pagi semakin bagus karena belum terlalu ramai dan lebih cepat. Kami waktu itu pilih jam 8.30. Saat itu antrian sudah panjang. Jam 9 pun masih ngantri di luar padahal yang bikin appointment jam 9 juga udah dateng lagi. Jadi sebaiknya datang yang paling pagi saja ya daripada kelamaan ngantri.

Langkah 6. Memilih cara pengambilan visa

Ketika kamu sudah di counter, nanti kamu akan ditanya mau dikirim saja atau ambil sendiri. Waktu itu kami juga memilih untuk mengambil sendiri. Saran dari saya mendingan ambil sendiri. Kenapa? Berdasarkan pengalaman kami apply visa ***** (akan saya kasih tahu nanti), harga shippingnya mahal bahkan bisa lebih mahal dari transport kamu untuk ambil paspor kamu dan waktu itu paspor suamiku sempat salah alamat. Nah daripada kejadian begitu lebih baik ambil sendiri visanya.

 

Sesuai harapan, kami dapat masa berlaku visa schengen selama 6 bulan dari sejak tanggal kami apply visa. 🙂

Itu saja langkah-langkah dan beberapa tips dari saya. Oh iya tips terakhir, kalau misalnya dari kedutaan meminta kamu untuk memberikan dokumen tambahan harus segera dikasih yah. Pokoknya dokumen-dokumennya dilengkapi dengan baik. Setiap booking hotel, kereta, bis, atau pesawat harus tertulis jelas nama kamu tidak hanya nama yang booking tapi nama penumpangnya/tamu hotelnya juga.

Semoga dapat membantu yah!

XOXO. RVC

 

 

You may also enjoy:

Post a Comment