After One Month in London

Bigben Thames River

Tidak terasa kalau sudah satu bulan saya tinggal bersama suami saya di London, bahkan hari ini sudah masuk minggu ke-5. Setiap saya bertemu orang yang baru selalu saya ditanyakan bagaimana rasanya tinggal di London sampai saat ini. Saya tidak tahu apakah mereka hanya basa basi atau memang benar ingin tahu perasaan saya. Tapi saya selalu menjawab bahwa saya senang sekali bisa tinggal di London meskipun harus sedikit beradaptasi dengan udara yang mulai semakin dingin. Memang itu salah satu yang saya rasakan. Saya memang sudah menantikan sejak lama agar saya dan suami bisa tinggal di luar negeri. Karena sewaktu saya masih SMP saya pernah tinggal cukup lama di Paris, sekitar 2,5 tahun dan saya sudah cukup kangen dengan Eropa. Yang paling saya kangen-in adalah udara sejuknya. Meskipun lagi musim panas pun disini tetap terasa sejuk karena udaranya bersih. Selain itu, saya kangen sama taman kotanya. Baik di Paris maupun di London selalu ada taman kota yang sangat luas. Paling enak buat jalan-jalan atau jogging atau bersepeda atau bahkan sekedar duduk-duduk saja di rumputnya yang hijau. Tapi memang tidak bisa dipungkiri kalau saya sudah mulai rindu dengan tanah air.

img_1053

Bukan soal makanan atau orang-orang Indonesia yah soalnya (thank God!) saya masih tinggal di lingkungan yang cukup banyak orang Indonesia. Di daerah tempat tinggal saya ada sekitar 6 keluarga dari Indonesia. Ditambah lagi banyak sekali mahasiswa Indonesia di London. Orang Indonesia non-mahasiswa yang tinggal di London juga banyak. Kalau soal makanan, memang sih saya kangen sama jajanan abang gerobak pinggir jalan yang rasanya sama sekali nggak bisa ditiru sama saya, hahaha! Tapi lidah masih bisa lah diajak kompromi. Setidaknya rasanya masih kurang lebih sama dengan yang di Indonesia. Bumbu-bumbu instan, sambel ABC, bumbu sate, dan segala macam bahan untuk bikin bumbu seperti lengkuas, kemiri, sereh, bawang merah, kunyit, dll; masih bisa saya temukan di toko cina.

Ternyata saya rindu dengan kegiatan perkantoran. Hahaha. Memang mungkin terasa aneh yah. Saya juga heran kenapa saya malah kangen sama kegiatan kantor yah. Itu lah manusia, ketika dikasih A malah pengen B tapi ketika dikasih B malah kangen sama A. Sebenarnya sih saya kangen digaji. Hmm.. seharusnya tidak boleh yah seperti ini karena sama saja saya berorientasi pada uang saja. Tapi sebenarnya bukan soal digaji saja sih karena kalau mau digaji disini juga bisa. Jadi pelayan restoran atau baby sitter juga bisa kok disini bahkan dibayarnya lumayan besar lah buat nambah-nambahin tabungan. Tapi nyatanya saya malah tidak tertarik untuk kerja seperti itu.

Saya kangen digaji sesuai dengan skill yang saya punya. Awalnya saya mengira kalau hanya menyibukkan diri dengan blogging atau editing video for YouTube rasanya sudah cukup. Ternyata tidak, ada rasa ingin mengasah lagi skill yang telah saya pelajari dulu semasa kuliah maupun di kantor. Makanya saya sedang memikirkan bagaimana supaya hard skills saya tetap terasah meskipun sudah tidak lagi bekerja di dunia perkantoran.

Terkadang saya juga ingin sekolah lagi. Berada di lingkungan yang penuh dengan student membuat saya sedikit terdorong untuk sekolah. Belajar, kerjain tugas, kumpul kelompok, ujian, well, intinya melakukan sesuatu yang ada jelas tujuannya yaitu dapet ilmu baru dan gelar baru. Seandainya tidak dapat gelar, hanya ilmu baru saja apakah masih ada mahasiswa yang sekolah lagi? Seringkali manusia melakukan sesuatu karena ada sesuatu yang bisa dapatkan sebagai imbalannya, bukan kah begitu?

Kerja supaya dapat gaji.

Meniti karir supaya dapat jabatan yang tinggi.

Sekolah supaya dapat gelar.

Kalau sudah dapat semuanya pasti orang-orang di sekitarnya banyak yang bilang, “wah hebat yah kamu udah kerja!”, “wah hebat yah kamu dapat gaji besar!”, “wah hebat yah jabatannya tinggi!”, “wah hebat yah akhirnya udah dapat gelar master!”.

Apakah sebenarnya kita haus akan itu semua, PUJIAN dari orang lain terhadap prestasi yang telah diraih?

And then, I’m asking myself, what is the purpose of my life? or maybe someone out there asking himself the same question? 

What is the purpose of your life?

You may also enjoy:

Post a Comment